12 Agustus 2009

Salah Satu LIfe Skill

Menghadapi Kehidupan Yang penuh dengan tantangan dan permasalahan, seorang mesti memiliki kecakapan hidup atau lebih populer dengan Istilah 'life Skill'. Kecakapan Hidup yang dimiliki bukan sekedar kecakapan dasar, seperti berkomunikasi, membaca, berhitung dan menulis, serta terampil mengoperasikan alat kerja dan teknologi tertentu. Lebih dari pada itu 'Life Skill' yang penting adalah keterampilan memecahkan masalah dn membuat keputusan.

melalui kemampuan memcahkan masalah dan membuat keputusan, maka seseorang dapat mengarahkan dan mengatur kehidupanya sendiri, dan tidak terlalu bergantung atau menjadi beban bagi orang lain. kemampuan memecahkan masalah dan mengambil keputusan merupakan dasar untuk mengarahkan diri sendiri dalam menghadapi kompleksitas kehidupan. David L. Watson and Ronald G. Tharp Menyatakan Bahwa 'Selfdirection as a skill.

keterampilan memecahkan masalah dan membuat keputusan termasuk kategori keterampilan berfikir tingkat tinggi. sementara keterampilan membaca, menulis, dan Berbicara merupakan keterampilan dasar. Tanpa keterampilan Berpikir tingkat Tinggi, maka Keterampilan dasar yang dimiliki seseorang tidak memberi manfaat yang besar. (Di sadur Dari Buku Peta Masa Depanku)

Baca Juga:



Komentar :

ada 0 komentar ke “Salah Satu LIfe Skill”

Posting Komentar

Kumpul-Kumpul

Blog Indonesia

blog-indonesia.com
 

© 2009 Fresh Template | Edited By RIYANTO. Powered by Blogger.com.

Fresh Template by NdyTeeN